Ayojenius.com
Beranda Info Menarik Wajib Tahu! Inilah Ciri-ciri Haid Terakhir Sebelum Kehamilan

Wajib Tahu! Inilah Ciri-ciri Haid Terakhir Sebelum Kehamilan

source: carevo.id

Ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil seringkali sulit untuk diketahui. Ini karena sebagian besar wanita tidak mengetahui tanda-tandanya dan mengabaikannya begitu saja.

Haid atau menstruasi terakhir sebelum hamil merupakan ciri rahim sedang mengeluarkan sisa sel telur bulan lalu yang tidak terpakai alias terbuang.

Namun bukan berarti sisa sel telur bulan ini sudah terbuang, ya. Berikut ini adalah ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil yang wajib Anda ketahui. Simak baik-baik, ya!

Payudara yang Melunak dan Bengkak

Ciri-ciri pertama adalah payudara yang melunak dan bengkak. Ciri ini yang paling umum terjadi. Sebelum atau pada saat menstruasi, biasanya payudara Anda terasa mengeras dan bengkak.

Tetapi, jika Anda mengalami ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil, maka payudara akan melunak namun bengkak. Selain itu, payudara Anda juga bisa terasa sakit dan sensitif.

Mulai Mual Tanpa Muntah

Gejala mual tanpa muntah juga bisa menjadi ciri-ciri menstruasi terakhir sebelum hamil. Biasanya, Anda akan merasa mual tanpa muntah di waktu yang tidak terduga. Frekuensinya terbilang jarang dibandingkan orang yang sedang hamil di trimester pertama.

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil selanjutnya ialah frekuensi buang air kencing yang semakin meningkat. Hal ini bisa menjadi pertanda awal kehamilan karena jumlah darah dalam tubuh akan meningkat.

Jumlah darah yang meningkat tersebut menyebabkan ginjal memproses cairan ekstra yang lebih banyak dan berakhir di kandung kemih.

Sering Merasa Kelelahan

Rasa telah mulai terjadi dan bisa dirasakan lebih sering, adalah ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil yang bisa mudah Anda ketahui.

Rasa lelah tersebut meliputi tubuh yang lemas, tubuh terasa rontok, hingga bagian punggung yang terasa pegal dan mulai sakit.

Warna Darah Tampak Berbeda

Terakhir, ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil adalah akan terjadi perdarahan bersamaan dengan keputihan. Ini disebabkan oleh peningkatan produksi hormon dalam tubuh, serta adanya darah yang mengalir ke vagina.

Warna darah yang keluar bisa berbeda-beda, tergantung pada jumlah darah dan lamanya darah tersimpan sebelum akhirnya keluar dari tubuh. Adapun warna-warna darah yang menunjukkan kehamilan ialah sebagai berikut.

  • Warna merah segar atau terang jika langsung keluar dari vagina.
  • Warna merah pucat apabila tercampur dengan cairan vagina lainnya, seperti keputihan.
  • Warna merah kecoklatan, ini karena telah mengalami oksidasi akibat terlalu lama berada di dalam vagina.

Pastikan Anda mengingat warna darah yang keluar dan memberitahukannya kepada dokter ketika berkonsultasi.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil yang wajib Anda ketahui. Apalagi bagi yang baru saja menikah. Kini, Anda bisa mengetahui HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan mudah dengan aplikasi Kalkulator Kehamilan Plus.

Kalkulator Kehamilan Plus buatan Hello Doc adalah kalender usia kehamilan atau kalender kelahiran yang menyediakan berbagai macam fitur, di antaranya menentukan hari perkiraan lahir (HPL) bayi dengan cukup akurat dan kalkulator HPHT.

Fitur lainnya adalah tampilan perkembangan janin minggu per minggu dilengkapi gambar, milestone tumbuh kembang janin, perhitungan trimester serta bidan terdekat via Google Map.

Anda bisa mengunduh aplikasi Kalkulator Kehamilan Plus melalui Google Play Store maupun App Store. Yuk cek HPHT Anda bersama aplikasi Kalkulator Kehamilan Plus agar lebih akurat!

Komentar
Bagikan:

Iklan