Ayojenius.com
Beranda Info Menarik Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sistem Saraf Pusat Manusia

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sistem Saraf Pusat Manusia

Sistem saraf merupakan sistem yang kompleks dan berperan sebagai pengatur seluruh kegiatan tubuh. Hal ini termasuk mengatur respon tubuh ketika dalam keadaan yang darurat. Dalam sistem saraf, terdapat neuron yang berfungsi menghantarkan implus saraf.

Neuron adalah sel saraf yang terbagi menjadi tiga jenis yakni neuron sensorik, neuron motorik, dan interneuron. Neuron sensorik bertugas membawa sinyal ke saraf pusat, neuron motorik berperan membawa sinyal dari saraf pusat, dan interneuron membantu menghantar pesan di antara neuron sensorik dan motorik. Setiap neuron memiliki bagian atau struktur dasar.

Sistem saraf dibagi menjadi dua susunan yakni sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari saraf somatik dan saraf otonom. Kali ini, artikel ini akan mengulas lebih detail mengenai sistem saraf pusat yang ada manusia. Simak dengan baik-baik ya!

Sistem Saraf Pusat Manusia

Otak

Otak merupakan mesin yang bertugas untuk mengendalikan seluruh fungsi pada tubuh. Perlu diketahui bahwa saraf pusat adalah pusat dari pengaturan tubuh, dan otak menjadi markas terbesar pengaturan tersebut. Otak memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda di masing-masing bagian.

Otak tersusun dari otak besar, otak kecil, batang otak, dan bagian otak yang lainnya. Setiap bagian otak tersebut diselubungi oleh korak dan selaput yang disebut meninges. Selain itu, otak juga dikelilingi oleh cairan serebrospinal yang bertugas untuk menghindarkan otak dari cidera.

Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang merupakan bagian tubuh yang langsung terhubung dengan otak melalui batang otak dan mengalir pada sepanjang ruas tulang belakang. Sumsum tulang belakang memiliki tugas dalam mengirimkan sinyal dari otak ke bagian tubuh yang lain.

Sinyal ini merupakan pesan untuk memerintahkan otot bergerak guna melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Sistem saraf pusat yang satu ini juga bertugas menerima masukan sensorik dari tubuh, lalu memproses dan mengirim pesannya ke otak.

Itulah penjelasan mengenai sistem saraf pusat pada manusia yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Jika Anda penasaran mengenai sistem saraf tepi tubuh, Anda bisa mengunjungi neurobion.com. Semoga bermanfaat ya, Sahabat!

Komentar
Bagikan:

Iklan