Ayojenius.com
Beranda Pendidikan Menarik! Berikut 3 Rekomendasi Program Pertukaran Pelajar ke Amerika 2024

Menarik! Berikut 3 Rekomendasi Program Pertukaran Pelajar ke Amerika 2024

source: detik.com

Bagi kamu pelajar SMA atau menempuh pendidikan S1, tidak ada salahnya untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Amerika. Dengan mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri, kamu bisa menambah pengalaman, mempelajari kebudayaan negara lain dan mengenalkan kebudayaan Indonesia di mata dunia.

Artikel kali ini akan membahas tiga rekomendasi program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat tahun 2024 yang bisa kamu coba. Mari simak bersama!

Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI)

Program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat pertama yang bisa kamu ikuti adalah YSEALI atau Young Southeast Asian Leaders Initiative. YSEALI merupakan program pertukaran pelajar dari pemerintah Amerika Serikat untuk muda-mudi asal negara Asia Tenggara.

Pendaftaran YSEALI biasanya dibuka sekitar bulan April. Program yang bisa kamu ikuti ialah sebagai berikut:

  • Short-term academic exchanges (Academic Fellowship).
  • Professional development exchanges program (Professional Program).
  • Workshop (Regional Workshop).

Selama kurun waktu lima sampai enam minggu, kamu akan menjalani beberapa kegiatan seperti kuliah di universitas AS, diskusi kelompok, aktivitas interaktif, proyek komunitas serta presentasi budaya.

YSEALI ini terbuka untuk pemuda usia 18 – 35 tahun dari negara-negara Asia Tenggara. Mahasiswa dari tingkatan semester bahkan lulusan baru pun boleh mengikuti program ini.

Fasilitas yang akan kamu dapatkan dalam program YSEALI mencakup:

  1. Biaya program.
  2. Uang saku.
  3. Tiket pesawat.
  4. Akomodasi.
  5. Visa.
  6. Asuransi kesehatan.

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL – YES)

Program KL – YES ini menawarkan kesempatan belajar di Amerika Serikat bagi para pelajar selama setahun. Kennedy – Lugar Youth Exchange and Study atau KL – YES merupakan program yang diprakarsai oleh Departemen Luar Negeri Amerika untuk para pelajar tingkat SMA dari berbagai negara muslim, termasuk Indonesia.

Pendaftaran program ini dimulai sekitar bulan Agustus. Selama satu tahun, kamu akan tinggal bersama keluarga angkat, belajar di SMA Amerika, belajar kebudayaan Amerika, mengembangkan keterampilan kepemimpinan hingga mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Amerika.

Adapun fasilitas yang kamu dapatkan selama program ialah sebagai berikut:

  1. Tiket pesawat.
  2. Akomodasi.
  3. Pengeluaran sehari-hari.

Global Undergraduate Exchange Program

Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) adalah program pertukaran pelajar teruntuk mahasiswa jenjang S1 dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia untuk berkuliah satu semester di universitas Amerika Serikat.

Biasanya, kegiatan satu ini ditujukan untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan setidaknya satu semester studi di kampus asal dan belum wisuda saat program dimulai. Pendaftaran Global UGRAD dibuka sekitar November – Desember.

Nantinya, kamu akan belajar banyak tentang kehidupan masyarakat Amerika, budaya, sistem pendidikan, hingga berkesempatan untuk upgrade skill profesional.

Cakupan fasilitas yang kamu dapatkan di antaranya:

  1. Biaya kuliah.
  2. Biaya perjalanan.
  3. Akomodasi.
  4. Tunjangan bulanan.
  5. Tunjangan buku.
  6. Asuransi kecelakaan atau kesehatan.

Demikianlah ulasan mengenai tiga rekomendasi program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat yang bisa kamu coba. Untuk mengikuti salah satu program di atas, tentunya kamu perlu melengkapi persyaratan yang ada.

Agar persiapan kamu lebih matang, bergabunglah bersama Kobi Education. Dengan program-program unggulan, metode belajar seru dan para mentor yang expert di bidangnya, kamu jadi lebih siap dan peluang lolos bisa lebih besar dibandingkan pesaing lainnya.

Kunjungi laman kobieducation.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Komentar
Bagikan:

Iklan