Ayojenius.com
Beranda Uncategorized 4 Jenis Gangguan Psikologi Remaja yang Rentan Terjadi

4 Jenis Gangguan Psikologi Remaja yang Rentan Terjadi

Setiap orang pasti memiliki hal yang sering mengganggu pikirannya. Misalnya beberapa orang yang memiliki rencana membeli polis asuransi jiwa merasa pusing menentukan berapa premi asuransi jiwa yang sebaiknya dipilih agar memenuhi kebutuhan keluarga. Sementara beberapa orang lain mungkin merasa stres akibat adanya tanggungan utang, atau masalah lainnya. Namun, umumnya permasalahan terkait ekonomi lebih sering menyerang orang dewasa di usia produktif, di mana mereka sudah memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan finansial dirinya atau keluarga.

4 Jenis Gangguan Psikologi Remaja yang Wajib Anda Ketahui

Meskipun begitu, bukan berarti remaja tidak lepas dari risiko mengalami gangguan psikologis. Sebab, ada beberapa gangguan psikologis berdasarkan situs Halodoc yang perlu diwaspadai dan ditangani secara tepat sebelum terjadi hal yang fatal, yaitu:

1. Masalah pada Perilakunya

Jenis gangguan psikologi remaja yang pertama adalah masalah pada perilakunya. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan remaja memiliki masalah terhadap sikapnya.

Seperti kurang perhatian dari orangtua, broken home, mendapatkan perlakuan yang kurang baik, sampai kekerasan fisik. Umumnya tanda yang muncul ialah perilaku merusak dan menentang.

Bahkan masalah ini bisa mempengaruhi kinerja sekolah dan memicu adanya tindakan kriminal. Jika hal ini sudah terjadi, maka masa depan mereka yang menjadi taruhannya. Tidak akan ada lagi mimpi yang terwujud jika Anda masih mempunyai perilaku yang kurang baik. Setidaknya hargailah diri sendiri.

2. Menyakiti Diri Sendiri

Usia remaja sangat krusial mengalami stres yang berlebihan. Oleh karena itu tingkat risiko menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri sangat rentan dialami oleh orang-orang yang usianya masih muda.

Terlebih saat sosial media juga turut andil menjadi faktor kenapa remaja memilih mengakhiri hidupnya. Maka dari itu, penting tahu premi asuransi jiwa untuk berjaga. Berapa premi asuransi jiwa sekarang? Jawabannya tergantung dari perusahaan yang menyediakannya.

Jika Anda mendaftarkan diri sejak usia dini, maka kemungkinan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk membayar tagihan per bulannya lebih sedikit daripada orang-orang yang daftar saat usianya sudah menginjak remaja.

3. Gangguan Emosi

Gangguan emosi umumnya muncul pada masa remaja yang lumrah. Orang yang memiliki masalah ini akan cenderung mudah marah, stres, frustasi, bahkan depresi. Adanya asuransi sebenarnya sedikit membantu untuk menekan permasalahan ini. Setidaknya ada jaminan untuk masa depan Anda nanti.

4. Psikosis

Psikosis merupakan masalah yang menimbulkan remaja mengalami delusi atau halusinasi. Jenis gangguan psikologi remaja yang satu ini dapat menghambat aktivitas para remaja dalam kegiatan sehari-hari. Parahnya lagi jika Anda tidak mampu mengatasinya, maka bisa menimbulkan pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Jenis Gangguan Psikologi Remaja? Bagaimana Pencegahan Awalnya?

Dapat dikatakan jika jenis gangguan psikologi remaja memang sangat umum terjadi di kalangan masyarakat. Hanya saja masalah tersebut bisa membuat remaja kehilangan masa depannya jika tidak segera diatasi. Cara menghilangkannya ini bisa dilakukan secara mandiri atau disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter kejiwaan agar mendapatkan penanganan terbaik.

Komentar
Bagikan:

Iklan